5 Manfaat Steril Kucing

Tempat steril kucing Depok banyak dicari oleh para cat parents yang berdomisili di area Depok dan sekitarnya untuk melakukan prosedur sterilisasi atau kebiri pada kucing. Prosedur kebiri diklaim mendatangkan manfaat yang baik bagi kesehatan dan kelangsungan hidup hewan kesayangan. 

Kebiri atau sterilisasi bisa dilakukan pada kucing betina atau jantan. Namun biaya kebiri yang cukup mahal, membuat banyak cat parents mengurungkan prosedur tersebut. Padahal sterilisasi dikatakan cukup penting dan memberikan banyak manfaat bagi kucing peliharaan.

Dilansir dari beberapa sumber terpercaya, berikut manfaat steril kucing:

  1. Mampu menurunkan beberapa risiko penyakit

Untuk kucing jantan yang sudah melalui prosedur sterilisasi disebut-sebut lebih jarang mengalami kanker testis. 

Nah, jika Anda ingin mendapatkan manfaat sehat satu ini, cat parents bisa melakukan reservasi untuk prosedur kebiri sebelum kucing jantan menginjak usia 6 bulan. 

Tak hanya untuk mencegah risiko kanker testis, sterilisasi juga bisa menurunkan risiko penyakit menular. Kebiri kucing dapat menurunkan risiko penyakit seperti leukemia kucing atau FIV. 

Untuk kucing betina, prosedur kebiri dapat membantu menurunkan risiko tumor kelenjar susu. 

Penyakit ini tidak boleh disepelekan, sebab kucing betina disebut sering mati karena tumor kelenjar susu ataupun kanker. Sterilisasi pada kucing betina juga bisa menurunkan risiko mengembangkan tumor ganas di ovarium dan rahim. 

  1. Menurunkan kemungkinan cedera akibat perkelahian

Umumnya, kucing jantan akan lebih sering bertengkar untuk memperebutkan seekor kucing betina. Nah pada saat bertengkar inilah, ada kemungkinan kucing peliharaan akan mengalami cedera atau luka-luka. 

Dengan keputusan cat parents untuk melakukan prosedur sterilisasi,  risiko cedera maupun kucing terluka juga akan menjadi lebih kecil, karena pertengkaran yang dihindari. 

  1. Mencegah infeksi 

Sterilisasi terhadap  kucing betina bisa menurunkan risiko pyometra. Pyometra bisa terjadi karena ada infeksi serius yang berkembang di rahim kucing. 

  1. Mencegah komplikasi persalinan 

Setelah dikebiri, otomatis kucing betina tidak akan lagi bisa hamil dan melahirkan. Hal tersebut menguntungkan, karena kucing tidak mungkin mengalami komplikasi serius saat melahirkan yang bisa membahayakan nyawanya.

  1. Menjaga populasi kucing

Dalam satu kali melahirkan, kucing biasanya melahirkan dua sampai enam anak sekaligus. Hal itu yang membuat anak-anak kucing sering kali terlantar dan menjadi kucing liar. 

Apabila Anda memelihara lebih dari satu kucing betina bayangkan berapa banyak anak yang harus dirawat setiap kali ia melahirkan. Kemungkinan akan ada banyak kucing yang menjadi tidak tak terurus dan berakhir di jalanan. 

Untuk itu, prosedur kucing menjadi salah satu solusi menjaga populasi atau jumlah kucing agar tak terlantar. 

Sebelum cat parents melakukan sterilisasi pada kucing, hendaknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter hewan. Hal tersebut dilakukan supaya Anda tahu apa saja yang perlu dipersiapkan dan diperhatikan sebelum melakukan sterilisasi pada hewan peliharaan.

Cat parents juga bisa memanfaatkan Anabul Pet Center, tempat steril kucing Depok yang profesional dan punya layanan kesehatan ekstra. 

Tak perlu khawatir soal kualitas dan pelayanan saat melakukan kebiri kucing di Anabul Pet Center, karena petshop populer satu ini menyediakan sejumlah dokter hewan profesional yang terpercaya dan bisa diandalkan. 

Kunjungi juga shopee kami di sini

Leave a Reply